Batik Resmi Jamaah Haji Indonesia

Batik Resmi Jamaah Haji Indonesia, Batik Sekar Arum Sari Resmi Diluncurkan

Batik Resmi Jamaah Haji Indonesia, Batik Sekar Arum Sari Resmi Diluncurkan. Membanggakan Tradisi dengan Motif Sekar Arum Sari. Sebentar lagi, tepatnya pada musim haji tahun depan, tahun 2024 nanti, para jemaah haji se-Indonesia akan tampil memukau dengan busana baru. Busana batik dengan motif baru akan menemani mereka ketika melaksanakan rukun Islam kelima. Busana terbaru ini, Motif Sekar Arum Sari, baru-baru ini diperkenalkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta.

Batik unik ini dipilih melalui Sayembara Desain Batik Jemaah Haji Indonesia yang dimulai sejak Agustus 2023. Setelah melewati berbagai proses seleksi dan penilaian, akhirnya sayembara motif batik ini dimenangkan oleh Sony Adi Nugroho, satu dari 10 finalis utama yang bersaing. Kesembilan finalis lainnya hadir dengan desain motif unik mereka meliputi:

1. Ahmat Filasuf (Motif Ksatria Bhakti Imani)
2. Bagio Wijaya (Motif Sketsa Bunga, Gunung Wayang, dan Burung Garuda)
3. Bayu Aria Widhi Kristanto (Motif Sayap Kebangsaan)
4. Deki Sandi Herdianto (Motif Attara Jagat Marjan)
5. Ernas Juliasta (Motif Batik Puspa Bangsa Puspa Pesona)
6. Saftiyaningsih Ken Atik (Motif MAHAJ)
7. Satya Wiragraha (Motif Indonesia Berkah)
8. Sania Sari (Motif Harmoni Semesta)
9. Tri Asayani (Motif Khidmat Nusantara)

Kebanggaan Bangsa Indonesia

“Malam ini, dengan bangga Indonesia merilis kembali motif batik terbaru untuk jemaah haji. Kita semua menyadari bahwa ibadah haji ternyata tidak hanya berdimensi spiritual semata, ibadah haji adalah ajang untuk mengirimkan duta bangsa, duta budaya. Sehingga wajarlah busana yang mereka kenakan saat berhaji, tentulah dapat juga mencerminkan kebudayaan dan kekayaan non bendawi Indonesia,” ujar Gus Yaqut saat menyampaikan sambutannya dalam acara peluncuran batik tersebut. Acara yang diselenggarakan di Gedung (Auditorium) HM Rasjidi Gedung Kemenag RI, Jakarta. Tepatnya pada hari Selasa, 12 Desember 2023.

“Bagi pemenang sayembara, akan mendapatkan apresiasi sebesar Rp. 78.000.000,-. Diluar itu, yang paling utama, semua yang terlibat dalam sayembara ini semoga mendapatkan amal soleh berupa amal jariyah dari setiap batik yang dikenakan jamaah kita,” tambahnya.

Gus Men, sapaan akrab Menteri Agama Yaqut. Juga memaparkan bahwa batik Indonesia bukan hanya sekadar fashion mode, melainkan juga Identitas Bangsa Indonesia. Oleh karenanya, batik Sekar Arum Sari ini, sangat wajar kita luncurkan dan perkenalkan ke khalayak luas, karena mencerminkan identitas bangsa dan menjadi duta bangsa.

“Batik bukan hanya fashion atau mode, bukankan UNESCO telah menetapkannya sebagai warisan tak benda dan ciri khas Indonesia. Di forum G20, para pemimpin negara menggunakan batik saat gala dinner. Kita harus bangga memiliki batik,” jelasnya.

Makna dibalik Motif Sekar Arum Sari

Batik baru untuk jemaah haji Indonesia hadir dalam warna ungu dengan motif Sekar Arum Sari, yang terinspirasi dari bunga melati putih. Yang dikombinasikan dengan motif kawung, motif truntum hingga motif songket dan tenun, serta motif burung garuda, lambang bangsa Indonesia. Motif ini tentu mencerminkan filosofi kekayaan khasanah puspa nasional Indonesia dengan gambaran bunga melati putih yang melambangkan kesucian, nilai yang agung, wujud kesederhanaan, nilai ketulusan, gambaran keindahan dan tentu kerendahan hati.

Senada dengan sang menteri, Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah, Prof. Hilman Latief, MA, Ph.D, menambahkan penjelasan bahwa batik baru ini akan menggantikan batik sebelumnya yang telah digunakan sejak tahun 2011.

“Batik sebelumnya telah digunakan selama lebih 12 tahun, namun ternyata belum sepenuhnya mencerminkan identitas Indonesia. Banyak yang belum mengenali seragam batik Indonesia. Oleh karena itu, kami menyelenggarakan sayembara untuk mencari desain batik yang baru,” ungkapnya. Ia juga menjelaskan bahwa seragam batik akan diproduksi dengan metode cap, melibatkan banyak UMKM yang memenuhi syarat sesuai standar yang ditetapkan oleh Kemenag.

Pesan Batik Haji, Sekar Arum Sari

“Diperkirakan setiap satu orang jemaah akan menggunakan 3 meter kain untuk satu baju batik. Sementara itu di 2024, jamaah haji Indonesia mendapatkan kuota 221.720. Ini artinya, dibutuhkan total sekitar 666 km jika dibentangkan. Tentu ini berarti akan melibatkan banyak UMKM untuk memproduksinya, dan ini juga merupakan bentuk kepedulian kami terhadap UMKM,” ujarnya.

Ingin memiliki koleksi atau pesan batik Jamaah Haji motif Sekar Arum Sari, Batik Resmi Jamaah Haji Indonesia? Hubungi saja Arnala Batik, jangan lewatkan kesempatan ini! Segera hubungi Admin kami di WhatsApp melalui wa.me/6281380921155 untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut. Dapatkan kualitas batik terbaik hanya dari Arnala Batik. Pesan sekarang sebelum kehabisan!”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *